Minggu, 25 September 2011

BACA -> FAKTA DI BALIK FACEBOOK Part2

lanjutan dari POSTINGAN SEBELUM NYA nih . kita bahas lagi tentang hebat nya si FACEBOOK .. aneh tapi nyata .. sekarang facebook bener" kaya virus . manusia modern sekarang sudah beranggapan "tiada hari tanpa facebook" (khusus nya anak" yg pengen eksis . anda termasuk ya ? hehe ) .. bayangin aja . tiap apa aja yg mau di lakuin pasti aja buka facebook dulu .. lagi sibuk" nya . lagi nyantei . tetep .. update terusssssssssss ... hihihi .. postingan sekarang saya bahas sejarah nya facebook aja ya bigsmile ..

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.


Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.

Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.

Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.


Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.

Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.

Sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan Facebook. Album kenangan yang menjelma menjadi situs komunitas raksasa di jagat maya ini mencuat namanya setelah beberapa saat lalu para raksasa software seperti Microsoft, Yahoo, dan Google memperebutkan 1.6% kepemilikan saham di Facebook.

Bagi masyarakat Indonesia, pada saat artikel ini ditulis, nama Facebook mungkin tidak sepopuler nama saudara-saudaranya seperti Friendster dan MySpace. Namun situs komunitas yang satu ini terus menanjak popularitasnya, bahkan banyak kalangan memprediksi bahwa Facebook akan dapat mengalahkan Friendster dan MySpace dari berbagai segi. Berdasarkan pengalaman penulis sendiri, banyak member-member dari Friendster yang akhirnya menutup account-nya di Friendster untuk kemudian membuka account baru di Facebook.

Apa yang membuat Facebook lebih menarik dari saudara-saudaranya ?

Mungkin karena banyaknya aplikasi yang bisa di-instal oleh member di halaman profile mereka-lah yang menyebabkan Facebook begitu menarik. Hal seperti ini tadinya hanya ada di Facebook. Dan karena kepopuleran hal ini-lah yang menyebabkan Friendster dan MySpace akhirnya meniru untuk membuat fitur-fitur seperti yang ada dalam Facebook.

hehhe.. hebat banget ya si mark  :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar